Kamis, 15 Juni 2017

Game5day1

#gamelevel5
#tantangan10hari
#kuliahbunsayiip
#forthingstochangeimustchangefirst

Day1
10 juni 2017

Hari ini bunda memberitahukan adanya tugas dari iip untuk senang membaca. Rafif dan faith sangat senang dengan ide tersebut.

Sebagai penyemangat bunda mengajak anak2 untuk ke toko buku.
Karena ayah sedang sibuk tugas kampus kamipun pergi ke toko buku dengan menggunakan ojek online.

Begitu sampai di toko buku bunda memberikan panduan buku apa saja yg boleh dibeli beserta maksimal harga yg mampu bunda berikan.
Terlihat Rafif dan faith senang sekali. Beberapa kali rafif memberi tahu akan buku yg menarik mereka. Tetapi sayang harganya tak sesuai.

Untuk buku buku tertentu yg bisa dibaca di toko buku tersebut bunda menyarankan untuk di baca saja. Setelah diselingi dengan shalat dhuhur, kami kembali ke toko buku tersebut untuk membelinya.

Akhirnya ditetapkan 2 buah majalah untuk dibeli.
Rafif dan faith begitu senangnya dengan buku yang mereka beli, langsung setelah sampai rumah mereka tenggelam membaca isi buku.

Jumat, 09 Juni 2017

Peranan muslimah dlm peradaban islam

بسم الله الرحمن الرحيم

*RESUME KULWAPP PROGRAM JUBERI (Jum'at Berbagi Ilmu) Rumah Belajar Bahasa Arab IIP Bogor*
Hari/Tanggal: Jum'at/9 Juni 2017
Pemateri : Ustzh. Nunuk Mas'ulah, Lc.MSi
Tema : PERANAN MUSLIMAH DALAM PERADABAN ISLAM
Notulen : Nazhroh

🌼*MATERI*🌼

*PERANAN MUSLIMAH DALAM PERADABAN ISLAM*

🌺POTRET WANITA DALAM AL-QUR'AN

♡ Wanita sebagai ciptaan Allah dari jiwa yang satu dalam QS. An-Nisa ayat 1
♡Wanita sebagai istri&berperan penting dalam pendidikan anak dalam QS. Al-Isra ayat 24
♡Allah tidak membedakan amalan laki-laki&perempuan dalam QS. Ali Imran ayat 195
♡Wanita sebagai elemen penting masyarakat yg turut membangun peradaban
QS. At-Taubah ayat 71
❓APA MAKSUD LAKI-LAKI LEBIH TINGGI DARI WANITA SATU DERAJAT?

" _Istri-istri yg ditalak hendaklah menahan diri (menunggu) tiga quru', tidak boleh bagi mereka menyembunyikan apa yg diciptakan Allah dalam rahim mereka, jika mereka beriman kepada Allah&hari akhir. Dan para suami mereka lebih berhak rujuk (kembali) kepada mereka dalam masa itu, jika mereka (para suami) memghendaki islah (perbaikan) & mereka (para perempuan) mempunyai hak seimbang dengan kewajibannya menurut cara yg ma'ruf tetapi para suami mempunyai kelebihan atas mereka. Allah maha perkasa lagi maha bijaksana"_ QS. Al-Baqarah ayat 228

🌺RASULULLAH BERBICARA TENTANG WANITA

Abdullah bin Amr ra. Meriwayatkan sabda Rasulullah SAW: " _Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah"_ (HR. Muslim no. 1467)

🌺KONSEP WANITA SHALIHAH MENURUT RASULULLAH

Rasulullah SAW bersabda kepada Umar bin Khattab ra. " _Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang laki-laki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan menaatinya, dan apabila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya"_ (HR. Abu Daud no. 1417. Asy-Syaikh Muqbil Rahimahullah berkata dalam al-jamiush shahih 3/57: Hadis ini shahih atas syarat Muslim)

🌺RASULULLAH MEMUJI PARA TOKOH WANITA

☆Ilmu : Aisyah
☆Kedermawanan : Khadijah
☆Keberanian : Nusaibah

❓BAGAIMANA KAUM MUSLIMAH MENGAMBIL PERAN?
🌷Masa Kenabian
¤ Dakwah
¤ Jihad
¤ Pengembangan Studi Islam
🌷Masa Khilafah
¤ Dakwah
¤ Jihad
¤ Pengembangan studi Islam
¤ Funding
¤ Hukum
¤ Literasi

🌺KEUTAMAAN PARA PERAWI WANITA

🔅Tidak ditemukan adanya perawi wanita yg terindikasi lemah/ ditinggalkan perawi lain (Adz-Dzahabi&al- Asqalani)
🔅Ada sanad yg bernilai tinggi dalam periwayatan shahih Bukhari (bukan meriwayatkan hadis, tapi meriwayatkannkeseluruhan isi kitab karena di zaman itu penukilan kitab masih dilakukan secara verbal), yakni Karimah al-Marwaziyah yg banyak didatangi para ulama yg ingin mendengarkan isi shahih bukhari

🌺PONDASI SYARIAH AKAN KONTRIBUSI WANITA

▶ Bahwa setiap muslim baik laki-laki maupun wanita wajib menuntut ilmu

🌺KASIH IBU TURUT BERKONTRIBUSI DALAM PENGEMBANGAN ILMU

▶ Perjuangan ibunda Imam Syafi'i, meski kondisi ekonomi menghimpit ia berjuang memberikan pendidikan terbaik untuk puteranya

🌺WANITA DAN BAKAT ILMIAHNYA DALAM KHIDMAHNYA PADA KEMANUSIAAN
🌷Sumbangan wanita dalam ilmu syari'ah
♡ Pertanyaan kritis yg menyebabkan adanya ketetapan hukum
♡ Hukum yg ditetapkan hanya dari periwayatan mereka
♡ Hadis& hukum fiqh hanya sampai pada kaum wanita
♡ Pengetahuan yg melebihi para sahabat
♡ Wanita yg sanad hadisnya sgt tinggi yg dicantumkan oleh Imam Bukhari

🌺WANITA & FUNDING
🌷Pembangunan mesjid yg sekaligus menjadi pusat ilmu pengetahuan, seperti mesjid al-Qurawiyyin di Maroko yg dibangun atas pembiayaan  dari Fatimah bin Muhammad Abdullah al-Fihry
🌷Pemberian beasiswa seperti Khazandarah pada mahasiswa al-Azhar

*TANYA JAWAB*

1⃣ Ustzh apa perbedaan taat dg berbakti? Bukankah kita hany wajib taat kpd Alloh Swt tdk dg mahkluk lain sbgian tmn2 sy jg mempertanyakan itu?

#taat (tho'ah) adalah tunduk dan tidak membangkang, sedangkan bakti (birr) adalah berbuat baik. dalam al-Qur'an perintah taat tidak hanya pada Allah, tapi juga pada Rasulullah. dimana ketaatan padar Rasul adalah juga dalam rangka ketaatan pada Allah.
nah, ketika Rasul memerintahkan para istri untuk taat pada suami, itu juga berarti dalam rangka ketaatan kita pada Allah. namun bedanya, ketaatan pada Allah dan Rasul-Nya, bersifat absolut, tanpa tanya. namun pada suami (dalam hal ini juga orang tua), harus sejalan dengan perintah Allah. ketika mereka memerintahkan sesuatu yg bersifat maksiat pada Allah tentu haram bagi kita untuk menaati mereka.

2⃣ Peranan muslimah pada masa nabi&khilafah sgt menarik ustzh..dr jihad sampe literasi...berarti byk kaum wanita berperan dlm bidang2 itu ya ustzh..mhn penjelasan nya

#saya jelaskan dua saja ya, jihad dan literasi. jihad dimasa itu selalu menyertakan kaum wanita. Nabi sendiri selalu didampingi salah satu istri beliau. dan peran mereka tidak hanya pengobatan dan penyediaan konsumsi, tpi juga membantu penyediaan alat berat, seperti mengasah pedang, menyiapkan cadangan alat-alat yg rusak. juga mengubur jenazah (termasuk menggali kuburnya itu sendiri), di saat para pejuang harus beristirahat untuk persiapan peperangan esok hari.
Literasi, meski tidak sebanyak kaum lelaki, di Andalusia ada Aisyah bint Ahmad al-Qurthubiyah, yg oleh iIbnu Hibban diriwayatkan sebagai seorang wanita yg amat luas ilmunya dan banyak memiliki catatan-catatan penting.'
Dan sepertinya karya beliau msh dalam bentuk manuskrip yg belum diverifikasi. di perpustakaan al-Azhar sendiri msh banyak sekali makhthuthat (mansukrip asli) yg belum diverifikasi, apalagi dipublikasikan.
ada sebuah buku penting juga yg saya yakin belum diterjemahkan, Nisa' al-Khulafa', tentang para ibu negara masa khilafah, yg banyak di antara kita yg belum tahu apa peran istri-istri khalifah di zaman itu. Masih perlu banyak upaya untuk menggali lagi informasi seputar itu, agar diketahui satu bentuk utuh ttg muslimah di zaman itu.

3⃣ Bagaimana ustadzah memandang emansipasi wanita saat ini?
#Emansipasi jika bermakna membebaskan perempuan dari kezaliman yg msh membelenggunya, seperti hak2 pendidikan yg tidak ia dapatkan, hak2 reproduksi dll, tentu harus diperjuangkan.
Namun jika emansipasi brrti menuntut persamaan dalam berbagai hal, tentu itu salah kaprah. islam tidak memberi hal yang sama, krn masing2 memiliki peran dan kebutuhan berbeda.
seorang ibu tentu tidak memberi semua anaknya porsi yg sama, krn kebutuhan dan perkembangan tiap anak berbeda. namun islam menempatkan laki-laki dan perempuan secara proporsional, agar mereka sejajar. 

4⃣ Ustadzah.. bukankah dlm suatu hadits dikatakan bahwa penghuni neraka kebanyakan perempuan..? Apa yang bisa kita petik hikmahnya dari peringatan tersebut?

#Jumlah perempuan lbh byk dari laki-laki di neraka, meski ada yg mengkritisinya, krn memang jumlah wanita secara demografis lbh banyak dr laki2, tentu sebagai muslimah yg ingin digolongkan oleh sebagai ulil albab yg senantiasa mengambil ibrah, kita harus selalu berkaca, berpikiri, menelaah, dan muhasabah pada perbuatan, perkataan, dan apa yg terbetik dalam hati yg tidak sempat tersampaikan, dalam peranan kita sebagai istri, ibu, anak, tetangga, dan bagian dari masyarakat. baik di dunia nyata maupun interaksi kita di media sosial

5⃣ ustzh, keberanian Nusaibah itu bgmn?

#Tentang keberanian Nusaibah, silahkan buka kembali sirah nabawiyah ttg perang uhud. di sana diceritakan bahwa ia menjadi perisai Rasulullah, di saat tidak ada sahabat di sekitar beliau, sedang musuh (Ibnu Qomi’ah) telah mengincar hendak membunuh beliau, yg tengah terperosok.
Rasulullah Saw menetapkan keutamaan kepada Nusaibah ra atas apa yang telah ia lakukan pada perang Uhud. Ia telah melampaui begitu banyak laki-laki. Atas dasar tersebut suatu ketika Rasul bersabda, “kedudukan Nusaibah binti Ka’ab pada hari itu lebih baik daripada kedudukan fulan dan si fulan”. Beliau juga bersabda, “ia tidak berpaling  ke kanan atau ke kiri kecuali aku melihatnya terus berperang demi aku.”
selain di peperangan ini, buka juga tentang keberaniannya di perang menumpas Musailamah, dimana Nusaibah juga turut di sana. hingga dikisahkan putus tangannya, namun ia bahagia saat mendengar Musailamah telah berhasil ditumpas.

6⃣ ustzh, mhn penjelasan dr  maksud laki2 lbh tinggi dari wanita 1 derajat.

#Sebagaimana di materi awal, pernyataan  bahwa laki-laki lebih tinggi dari wanita satu derajat, jelas2 tersurat dalam firman Allah surat al- BAqarah 228. Ayat itu dan juga ayat yg menyatakan bahwa ar-Rijalu qowwamun alan nisa', adala2 ayat2 yg berkaitan dengan kepemimpinan, khususnya dalam rumah tangga.
kepemimpinan inilah yg menjadikan laki-laki lbh utama satu derajat di atas wanita. pernyataan ini bukan melihat per individu, tp membandingkan jenis.
secara individu, tentu betapa individu wanita yg jauh lebih mulia dari individu laki-laki. tak perlu saya menyebutkan nama tentu. Antunna bisa mencari nama-nama populer dalam sejarah jiwa-jiwa sholihah dan jiwa-jiwa thalih yg menentang Allah.
juga bahwa wanita tetap mendapatkan porsi sebagai awliya' yang saling menolong satu sama lain dengan kaum mukmin, dalam sebuah tatanan masyarakat.
kita tentu mengingat dalam umrah setelah Hudaibiyah, bagaimana Ummu salamah dengan kecerdasan dan kelembutanya memberi masukan pada RAsulullah, di saat beliau sedih tidak ada sahabat yg menaati perintahnya untuk menyembelih dan mencukur rambut.
jika wanita tidak memiliki hak berpendapat, tentu masukan Ummu Salamah agar Rasulullah menyembelih dan mencukur rambut terlebih dahulu, tentu beliau akan mengabaikannya.
dan benar saja masukan Ummu Salamah cespleng (halah), begitu melihat RAsulullah melakukan hal itu, para sahabat segera mengikuti beliau.

7⃣ Ustadzah Di Alquran dan Hadis di sebutkan bahwa seorang istri itu harus patuh kepada suaminya... Berkaitan dengan ini apakah kita harus memberhentikan jalan juang kita sebagai istri, seperti kita ketahui bahwa menjadi muslimah dan ibu di akhir jaman itu sangatlah berat... Sampai sebatas manakah seorang istri boleh berjuang dijalannya sendiri dengan "kendaraan" yang dipilihnya sendiri....

#kepatuhan ini tentu tidak dimaknai sebagai mekanisme tanpa syura.
jadi ketika kita hendak memilih jalan juang, tentu itu sebaiknya juga lahir dari sebuah keputusan syura dalam rumah tangga.
sebagai seorang istri yg banyak berperan ganda di luar, baik itu profesi maupun aktifitas lain, wajib pake harus telah dibicarakan dulu dengan suami, agar bisa dicarikan jalan keluar ketika ada dua hal penting terjadi bersamaan, misal satu berkaitan dengan rumah, dan satu lagi berkaitan dengan aktifitas lain di luar rumah.
namun sebagai hamba Allah yg menjadi istri, milikilah amalan baik (rahasia) yg hanya diketahui oleh Allah, untuk menjaga, lebih-lebih lagi meningkatkan kualitas iman kita dan cinta kita pada Allah dan RAsul-Nya.
agar terpelihara hanya Allah tujuan kita
Misalnya.. ada seseorang shalihah yg membocorkan amalan baik yg ia belum pernah katakan pada suaminya, bahwa ia pernah pergi ke suatu tempat untuk berdakwah, mengisi pengajian di sebuah tempat, tanpa ia memiliki sepeser pun uang untuk ongkos, dan ia tidak mengeluhkannya pada suaminya. hanya Allah yang mengetahuinya saat itu.
dan tentu kami yang mendengarnya, setelah ia ceritakan, dan itu hanya satu di antara.
mungkin juga ada yang merahasiakan, bahwa ia telah menginfakkan uang pribadinya, di saat uang belanja dari suaminya telah habis, dan ia masih tersenyum dan mengatakan, masih cukup kok kang hhh.
ada juga yg setiap hari mampir ke rumah mertuanya, yg kebetulan msh satu kota... ia merawatnya, membersihkan rumahnya, memasakkan untuknya, tanpa perintah dan suruhan suaminya.

*TANGGAPAN-TANGGAPAN*
🍭 ustadzah.. terkadang, kita pengen melakukan amalan sunnah utama cthnya rawatib.. tapi ko ada backsound nya tangisan bayi. Gimana ya ustadzah?
# semua ibadah ada waktu dan prioritasnya, mana yg harus didahulukan...
sebenarnya ini juga amat berkaitan dengan kecerdasan mengolah waktu. ada seorang ibu sibuk luar biasa (memiliki jabatan publik di suatu kota sibuk) , tp ia mampu menjalankan semua sunnah, bahkan tilawahnya per hari 7 juz, dan ia melakukan aktifitas rumah tangga tanpa asisten.
ibarat teleskop klo fokusnya ke satu titik saja, tentu tidak perbandingan, tapi klo diluaskan fokus pandangnya, tentu pandangannya lebih luas. jadi klo kita hanya melihat diri sendiri, dan merasa kita itu udah paling sibuk di dunia, tentu kita punya excuse untuk ngeles.
tapi klo dibuat lebih luas fokus pandangan kita, tentu kita bisa melihat ke sekitar kita, ada yng lebih sibuk, tapi dia lebih rajin dan lebih apala apalah... mengapa dia bisa sedangkan saya tidak?
di Bandung ada ibu anggota dewan yang nyambi menghapal Qur'an, dan serg sdh hafizhah... kok bisa?
🍭 ustadzah..pernah mendengar bahwa wanita yang baik itu yang merelakan suaminya berpoligami.. betulkah pandangn seperti itu?
#  ini sensitif betul, dan ada banyak jalan lain selain itu. poligami bukan satu2nya jalan kebaikan dalam rumah tanggya.
ada seorang teman yang suaminya dokter kandungan di kota kecil yg masih jarang di dokter spesialis tersebut di kota itu.
ia tidak pernah mengeluhkan suaminya yng sering kali tiba2 harus kembali 'nguli', saat mereka tengah menikmati waktu dengan keluarga... pergilah aku rela kau duakan setelah pekerjaanmu. ia seringkali harus berperan ganda pada anak2nya.
sy kok melihat surga dalam dirinya.

*PESAN DAN KESIMPULAN*
🍬 ummahat sekalian... kita diiangatkan oleh Allah dalam surat asy-Syarh, untuk bercapai-capai dalam kebaikan hingga tak ada waktu kosong tersisa. wanita dengan potensinya yg multi, bisa kita gunakan untuk ambil peranan penting lainnya, setelah kewajiban di dalam rumah terkendali.
kenali lagi diri kita, lihat lingkungan sekitar, baca sirah2 shahabiyah dan wanita2 hebat lainnya, niscaya fokus pandang kita lebih luas dan energi untuk menjadi pribadi yng lebih berkualitas terus- menerus tersedia.

Selasa, 06 Juni 2017

Resumeoffline06062016

Mendidik anak suka membaca dan menulis

#resumeofflineiiptugas1

Setiap anak itu unik. Bahkan dalam mendidik mereka untuk suka membaca dan menulis butuh trik yg berbeda-beda.

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam mendidik anak membaca dan menulis:

1. Tentukan tujuan mengapa kita mengenalkan keterampilan membaca

2. Kenali fitrah anak kita
-  kerja otak anak laki-laki dan perempuan berbeda
- gaya belajar anak berbeda beda, sesuaikan dengan anak
- Rentang konsentrasi --> anak cenderung mudah bosan, orangtua harus pandai mengatur teknik agar anak tidak cepat bosan.

3. Ada beberapa metode dan teknik membaca, pelajari dan pilih yang sesuai untuk anak. Contoh metode : metode suku kata, metode phonic, metode imersi, dll.

4. Lakukan : susun jadwal belajar secara teratur, siapkan peraga yang menarik dan lingkungan yg kondusif, lakukan bersama ortu/teman-teman anak, berikan motivasi, beri pujian dan kejutan yang menyenangkan, berusahalah konsisten.

5. Terus pupuk minat baca dan kembangkan kemampuan baca anak, dimanapun dan kapanpun, pada tahap ini terus tingkatkan level membaca anak, paparkan pada cerita, cerita dongeng, berita, kalimat jenaka,  pantun, dll yang akan meningkatkan kosa kata mereka.

6. Follow up: setelah anak pandai membaca, ajak mereka membaca cepat, membaca dengan suara keras, membaca cerita, dongeng, menulis, dll. Fasilitasi dan berikan teladan pada mereka bahwa membaca dan menulis itu sangat berguna dan menyenangkan.

7. Terus belajar dan bagikan. Ilmu akan bertambah jika dibagikan, maka bagikanlah pengetahuan yg kita miliki, insyaAllah akan menambah pahala kita

Sumber: bunda sayang iip

Minggu, 04 Juni 2017

Menstimulasi anak suka membaca

*Institut Ibu Profesional, Kelas Bunda Sayang, Materi ke #5*

_MENSTIMULASI ANAK SUKA MEMBACA_

🔸🔹🔸🔹🔸🔹🔸🔹

Mari  kita mulai dengan bermain peran terlebih dahulu. Bayangkan kita adalah seorang dewasa dengan bahasa yang kita gunakan sehari-hari adalah bahasa Indonesia,   belum pernah mengetahui bahasa mandarin  kemudian tiba-tiba kita diberi Koran berbahasa mandarin dengan tulisan mandarin semua. Apa yang kebayang di benak kita semua?
Pusing?  Tidak tahu maksudnya? Lalu kita hanya melihat-lihat gambarnya saja?

Hal tersebut akan sama halnya dengan anak-anak`yang belum dibiasakan mendengarkan berbagai dialog bahasa ibunya, belum belajar berbicara bahasa ibunya dengan baik, tiba-tiba dihadapkan dengan berbagai cara belajar membaca bahasa ibunya tersebut yang berisi dengan deretan-deretan huruf yang masih asing di benak anak, diminta untuk mengulang-ngulangnya terus menerus dengan harapan anak bisa cepat membaca.

🍒 *KETRAMPILAN BERBAHASA*
Sebelum lebih jauh membahas tentang teknik menstimulasi anak membaca kita perlu memahami terlebih dahulu tahapan-tahapan yang perlu dilalui anak-anak dalam meningkatkan ketrampilan berbahasanya.

🍒 Tahapan tersebut adalah sebagai berikut :

a. Keterampilan mendengarkan ( listening skills)
b. Ketrampilan Berbicara ( speaking skills)
c. Ketrampilan Membaca ( reading skills)
d. Ketrampilan Menulis ( writing skills)

Keempat tahapan tersebut di atas harus dilalui terlebih dahulu secara matang oleh anak. Sehingga anak yang *BISA MENDENGARKAN* ( Menyimak) komunikasi orang dewasa di sekitarnya dengan baik, pasti *BISA BERBICARA* dengan baik, selama organ pendengaran dan organ pengecapnya berfungsi dengan baik.

Mendengarkan dan berbicara adalah tahap yang sering dilewatkan orangtua dalam menstimulasi anak-anaknya agar suka membaca. Sehingga hal ini mengakibatkan anak yang *BISA MEMBACA, belum tentu terampil  mendengarkan dan berbicara dengan baik dalam kehidupan sehari-harinya.*
Padahal dua hal ketrampilan di atas sangatlah penting.
Banyak orang dewasa yang menggegas anaknya untuk bisa cepat-cepat membaca, padahal Anak yang BISA BERBICARA dengan baik, pasti akan BISA MEMBACA dengan baik, tetapi banyak yang mengesampingkan 2 tahap sebelumnya.
Pertanyaan selanjutnya mengapa banyak anak bisa membaca tetapi sangat sedikit yang menghasilkan karya dalam bentuk tulisan, bahkan diantara kita orang dewasapun sangat susah menuangkan gagasan-gagasan kita, apa yang kita baca, kita pelajari dalam bentuk tulisan?

Padahal  kalau melihat tahapan di atas anak yang BISA MEMBACA dengan baik pasti akan BISA MENULIS dengan baik.
Mengapa? Karena selama ini anak-anak kita hanya distimulus untuk *BISA* membaca tidak *SUKA MEMBACA*. Sehingga banyak diantara kita  BISA MENULIS huruf (melek huruf) tetapi tidak bisa menghasilkan karya dalam bentuk tulisan (
MENULIS KARYA)
Terbukti  berdasarkan survey UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia baru 0,001 persen. Artinya dalam seribu masayarakat hanya ada satu masayarakat yang memiliki minat baca. Berdasarkan studi _"Most Littered Nation In the World"_ yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca.
Padahal  program membaca  ini tidak hanya digencarkan oleh pemerintah dalam program literasinya, melainkan juga sudah diperintahkan di dalam salah satu kitab suci agama yang sebagaian besar dianut oleh bangsa Indonesia. Disana tertulis IQRA’( bacalah), perintah membaca adalah perintah pertama sebelum perintah yang lain turun.
Mengapa kita perlu membaca? Biasanya jawabannya klise yang muncul adalah agar kita bisa menambah wawasan kita, bisa membuka cakrawala dunia dll.

Jawaban di atas baik, tapi ada yang kita lupakan tentang tujuan  membaca ini yang jauh lebih penting, yaitu agar anak-anak kita lebih mengenal pencipta nya, karena membaca akan lebih membuat anak-anak  mengenal “siapakah dirinya”, maka disitulah dia mengenal siapa Tuhannya.

*MENSTIMULASI ANAK SUKA MEMBACA*

Sekarang kita akan belajar bagaimana tahapan-tahapan agar anak-anak kita *SUKA MEMBACA tidak hanya sekedar BISA. Agar ke depannya mereka SUKA MENULIS.*

🌼🌸🌼🌸🌼🌸

Kita akan memulai dengan berbagai tahap ketrampilan Berbahasa.

🍒 *TAHAP MENDENGARKAN*

a. *Sering-seringlah berkomunikasi* dengan anak, baik saat mereka di dalam kandungan, saat mereka belum bisa berbicara dan saat mereka sudah mulai mengeluarkan kata-kata dari mulut kecilnya.

b. Buatlah berbagai *forum keluarga* untuk memperbanyak kesempatan anak mendengarkan berbagai ragam komunikasi orang dewasa di sekitarnya.

c. *Setelkan berbagai lagu anak*, cerita anak yang bisa melatih ketrampilan mendengar mereka.

d. *Bacakan buku-buku anak dengan suara yang keras* agar anak – anak bisa melihat gambar dan telinganya bekerja untuk mendengarkan maksud gambar tersebut.

e. *Sering-seringlah mendongeng/membacakan* buku sebelum anak-anak tidur. Jangan pernah capek, meski anak meminta kita mendongeng/membaca buku yang sama sampai puluhan kali. Begitulah cara menyimak,

🍒*TAHAP BERBICARA*

a. Di tahap ini anak belajar berbicara, kita sebagai orang dewasa belajar mendengarkan. Investasikan waktu kita sebanyak mungkin untuk mendengarkan *SUARA ANAK*

b. *Jadilah pendengar yang baik*, disaat anak-anak ingin membacakan buku untuk kita, dengan cara mengarang cerita berdasarkan gambar, apresiasi mereka.

c. Jadilah murid yang baik, disaat anak-anak kita ingin menjadi guru bagi kita, dengan cara *membuat simulasi kelas*, dan dia menjadi guru kecil di depan.

d. *Ajaklah anak-anak bersilaturahim* sesering mungkin, bertemu teman sebayanya dan orang lain yang di atas usianya bahkan di bawah usianya untuk mengasah ketrampilan mendengar dan berbicaranya.

🍒*TAHAP MEMBACA*

a. *Tempelkan tulisan-tulisan dan gambar-gambar* yang jelas dan besar di sekitar rumah, terutama tempat-tempat yang sering di singgahi anak-anak

b. *Tempelkan tulisan/kata* pada benda-benda yang ada, misalnya, tempelkan kata- “televisi” pada pesawat televisi.

c. Buatlah *acara membaca bersama* yang seru, misalnya perpustakaan di bawah meja makan

d. Sekali waktu, *ajaklah* anak-anak ke pangkalan buku-buku bekas, pameran buku dan toko buku

e. Siapkan alat perekam dan *rekamlah* suara anak kita yang sedang membaca buku

f. Biasakanlah *surat-menyurat* dengan anak di rumah. Misalnya , dengan menempelkan pesan-pesan di kulkas atau buatlah parsi (papan ekspresi) di rumah

g. Dorong dan ajak anak kita untuk *membaca apapun* label-label pada kemasan makanan, papan reklame dan masih banyak lagi

h. Berikan *buku-buku berilustrasi* tanpa teks.  Warna mencolok dan menarik akan merangsang minat untuk membaca, sekaligus membangkitkan rasa ingiin tahunya. Selanjutnya berikan buku full teks dengan ukuran huruf yang besar-besar.

i. *Komik* juga menarik sebagai pemancing rasa ingin tahu dan gairah membaca anak (tentunya perlu selektif dalam memilih komik yang tepat).

j. Ajaklah anak *bertemu* dengan pengarang buku, ilustrator, komikus, penjual buku, bahkan penerbit buku.

k. *Dukung hobi anak* kita dan sangkut pautkan dengan buku.
Misalnya, buku tentang perangko untuk anak yang hobi mengkoleksi perangko, buku cerita tentang boneka untuk anak yang suka boneka dan sebagainya

l. *Budaya baca* bisa ditumbuhkan dari ruang keluarga yang serba ada. Ada buku-buku yang mudah diambil anak,  ada mainan anak,  ada karya-karya anak dalam satu ruangan tersebut.

m. Ajaklah anak untuk *memilih bukunya sendiri*, tapi tentunya dibawah bimbingan kita agar tidak salah pilih

n. *Contohkan kebiasaan membaca* dan mengkoleksi buku dengan sungguh-sungguh dan konsisten

o. *Buatlah pohon literasi keluarga*, caranya:
📌Masing-masing anggota keluarga memiliki pohon dengan gambar batang dan ranting, tempelkan di dinding.
📌Siapkanlah daun-daunan dari kertas sebanyak mungkin, setiap kali anak-anak selesai membaca, tuliskan judul buku dan pengarangnya di daun tersebut.
📌kemudian tempelkan di pohon dengan nama anak tersebut.

Cara ini bisa untuk melihat seberapa besar minat baca masing-masing anggota keluarga kita, hanya dengan melihat seberapa rimbun daun-daunan di pohon masing-masing.

🍒*TAHAP MENULIS*

a. *Siapkan satu bidang tembok* di rumah kita, tempelkan kertas flipchart besar disana dan ijinkan anak-anak untuk menuangkan gagasannya dalam bentuk tulisan atau coretan.

b. Berilah kesempatan dan dorong anak kita untuk *menulis  apapun* yang dia lihat, dengar, pegang dan lain-lain

c. *Siapkan buku diary keluarga*, masing-masing anggota keluarga boleh menuliskan perasaaannya di buku diary tersebut, sehingga akan membentuk rangkaian cerita keluarga yang kadang nggak nyambung tapi seru untuk dibaca bersama.

d. *Buat buku jurnal/ buku rasa ingin tahu* anak dari kertas bekas,   ijinkan setiap hari anak menuliskan apa yang dia alami apa yang memunculkan rasa ingin tahunya di dalam buku tersebut.

e. *Hiraukanlah* tanda baca, huruf besar, huruf kecil dll, saat anak-anak mulai belajar menulis. Biarkanlah anak merdeka menuangkan isi pikirannya, hasil bacaannya, tanpa terhenti berbagai kaedah –kaedah menulis yang harus mereka pahami. Setelah anak-anak lancar menulis baru setahap demi setahap ajarkanlah berbagai macam kaedah ini.

Salam Ibu Profesional,

/Tim Fasilitator Bunda Sayang /

Sumber  Bacaan :

Kontributor Anatalogi Bunda Sayang, Institut Ibu Profesional, Bunda Sayang, Gaza Press, 2014

Pengalaman Bunda Septi dalam mengembangkan ketrampilan berbahasa di keluarganya, Wawancara, Kelas Bunda Sayang, Institut Ibu Profesional, 2017
Andi Yudha Asfandiyar. Creative Parenting Today : Cara praktis memicu dan memacu kreatifitas anak melalui pola asuh kreatif. Bandung : Kaifa. 2012
http://www.supernanny.co.uk/Advice/-/Learning-and-Education/-/4-to-13-years/Help.-My-child-doesn’t-like-reading.aspx

Kamis, 01 Juni 2017

Tazkhiyatun Nafs

🍃🌸🍃🌸🍃🌸🍃🌸🍃🌸

*RESUME KULWAP*
*IIP BANYUMAS RAYA*

_Tazkhiyatun Nafs_

Pemateri: Ust. Adriano Rusfi
Moderator : Rina
Resume : Yani

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Materi

*TAZKIYATUN NAFS*

by. Ust. Adriano Rusfi

Demi kesempurnaan jiwa manusia, maka Allah telah ilhamkan kepada manusia jalan dosa dan jalan taqwa. Andai salah satu dari kedua jalan itu tiada atau diamputasi, maka kesempurnaan jiwa manusia akan hilang.

Kenapa manusia butuh jalan dosa (fujur) ? Karena jalan itulah yang akan membuat manusia sadar diri, tahu diri, rajin beristighfar dan membersihkan dirinya. Beristighfar akan membuat turunnya rahmat Allah, dan Allah tambahkan kekuatan kita.

Kebutuhan manusia akan jalan dosa adalah agar manusia memiliki dorongan untuk "nakal", menembus batas, bengal dan melakukan kesalahan. Ketika dorongan ini dipadukan dengan jalan taqwa, maka akan melahirkan kombinasi kreativitas yang luar biasa.

Kombinasi antara dosa-taqwa itulah yang membuat salah satu ciri orang-orang yang bertaqwa adalah "melakukan perbuatan keji dan menganiaya diri sendiri, lalu bertaubat" (3 : 135)

Oleh karenanya, yang dibutuhkan adalah upaya penyucian jiwa : tazkiyatun nafs, agar kombinasi kedua jalan ini akan beeakhir

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

*Forum  Tanya Jawab*

Tema Pertama
1⃣ Tazkiyatun Naffs

🔹 Putri-Purwokerto
Saya baru mendengar istilah tazkiyatun nafs (duh minim sekali ilmunya 😅) ustadz mohon  dijelaskan pengertian dan tata caranya bagaimana?

🔹 Rofiqoh dari Ajibarang
Bagaimana cara seorang manusia untuk memulai tazkiyatun nafs? Sedangkan ia punya masa lalu yang kurang baik/ kelam? step-stepnya seperti apa?

🔹 Supri-Sidabowa
Jika seseorang sering berintrospeksi diri, beribadah, berusaha berbuat baik, beramal sholeh nkamun msh ada kegalauan di hati. Bagaimana solusinya ?

🔹 Eka-Purwokerto
klo Rukiyah itu termasuk salah satu sarana Tazkiyatun Nafs bukan Pak Ustad ?  

🔹 Lily Purwokerto
Bagaimana menimbulkan bashiroh sehingga kita bisa dengan sigap mengetahui kesalahan dalam mendidik anak?

ust. Aad:
```1⃣ Tazkiyatun nafs artinya pembersihan jiwa. Kita bisa membacanya pada surah Asy-Syams ayat 7-10 :

"Demi jiwa serta penyempurnaannya. Maka Dia telah mengilhamkan kepada jiwa tersebut jalan dosa dan jalan taqwa. Sungguh beruntunglah orang yang membersihkan jiwa tersebut dan sungguh merugilah orang yang mengotorinya"

Tazkiyatun nafsi itu dimulai dari jiwa yang memurnikan ketauhidannya hanya kepada Allah semata. Karena hanya jiwa yang tidak menyekutukan pengabdiannya kepada Allah sajalah yang akan dibersihkan oleh Allah.

Jadi mulailah dari aqidah yang bertauhid, aqidah yang bersih dari mensekutukan Allah. Itulah sebabnya kenapa surah tentang keesaan Allah disebut dengan surah Al-Ikhlas

Walaupun seseorang itu rajin beribadah, sering introspeksi diri, banyak beramal shaleh, namun tidak mensucikan Allah (tasbih), maka jiwanya akan tetap gelisah.

Kenapa ada orang yang rajin beribadah namun tetap galau ? Karena dia tak mengenal Allah dengan pengenalan yang benar, yaitu sebagai Dzat Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Masa lalu yang kelam sama-sekali tak menghalangi seseorang dari tazkiyatun nafs. Kita butuh tazkiyatun nafs justru karena kita punya kekelaman dan kekotoran. Sehingga proses tazkiyatun nafsi itu tak akan pernah berhenti, karena kita akan selalu kembali kotor/kelam.

Mulailah tazkiyatun nafs dari baik sangka kepada Allah, optimisme, syukur dan tak pernah putus asa dari rahmat Allah. Lakukanlah segala kebaikan yang mungkin kita lalukan, karena kebaikan itu akan menghapuskan keburukan (hadits). Jangan terlalu terpaku pada sisi negatif masa lalu, tapi pada kebaikan masa depan.

Bagi saya, ruqyah bukanlah bagian dari tazkiyatun nafs, walaupun konon bertujuan untuk mengeluarkan jin dari dalam jiwa. Karena, jika jiwa kita tetap kotor, toh jin tersebut akan mudah masuk kembali ke dalam jiwa kita.

Salah satu cara untuk menumbuhkan bashirah adalah dengan banyak melakukan ibadah sunnah, dan sering bertanya pada hati, bukan pada otak. hati yang bersih akan cepat menangkap sesuatu yang keliru ✅```

Langsung ke pertanyaan selanjutnya ya Ustad..

2⃣ *Inner Child*

🔹 _Dea - Baturraden_
Bgmn langkah agr qt bs brdamai dg masa lalu? Krn trkdg didikan keras ortu mmg tnpa sadar dlakukan jg oleh ssorg pd anak2nya..

🔹 _Putri- Purwokerto_
Apakah bisa membantu masalah psikis ortu yang mempunyai "masalah" dg masa lalunya, untuk kasus ortu yang tidak bisa menerima kondisinya sendiri? Misal: dulu dia kaya, sekarang hidup pas2an. Karena tidak menerima kondisi saat ini, bersikap dan bergaya hidup hedon yg memaksakan sehingga memberatkan pasangannya, dan sepertinya ybs tidak menyadari hal itu justru semakin menuntut untuk mencukupi keinginannya.

🔹 _Sulistya Rini- berkoh purwokerto_
Suami saya tumbuh dikeluarga yang "keras" seringnya konflik bapak-ibu(mertua saya). Dan suami saya sepertinya menjadi keras hati, suka membentak anak, dan perkataan kasar sering keluar ketika marah dgn anak. Tidak sabaran dan juga tertutup. Sebagai istri saya sudah berusaha membantunya seperti bersikap sabar atas segala amarahnya, mengajak ngobrol dan mengingatkan dari hati ke hati. Tp selama 10 tahun pernikahan kami seolah tidak ada yg berubah dari dia. Meski kami tinggal jauh dari orangtua sepertinya energi negatif dari mertua selalu mengikuti suami. Apa yang harus kami lakukan?
Terima kasih.

🔹 _Nn, Purwokerto_
Assalamualaikum Ustadz, suami saya kadangkala keras memarahi jika anak pertama kami memukul atau menggigit adiknya, tanpa ditelusuri dulu kenapa si kakak berbuat seperti itu. Respon negatif dari suami ini seringkali muncul seperti di luar kendali. Kami pun akhirnya mencoba menelusuri. Hingga bisa menemukan inner child suami saya, sejak kecil sering dipukuli kakaknya hingga SMA. Oleh karena itu, ketika anak pertama kami berbuat tidak baik kepada adiknya, emosinya muncul. Dia langsung memarahi, karena dia tidak mau peristiwa yang dialaminya dulu terulang lagi. Penemuan inner child ini alhamdulillah cukup melegakan, namun bagaimana selanjutnya. Bagaiman proses cleansing-nya?
Terima kasih.

🔹 _Ririn-Ambon_
Bagaimana mengembalikan fitrah anak yang dlm kondisi bersama orang tua yang tidak bisa mengendalikan inner Child nya yang kurang bagus

🔹 _Luthfita, Purwokerto_
Bagaimana cara (metode) berdamai dengan innerchild dengan tazkiyatun nafs? Ketika sudah berdamai apakah ada kemungkinan "kambuh" lagi di kemudian hari? Misalnya karena mendapat perlakuan negatif yang sama dari pelaku yang sama di masa lalu?

🔹 _Nuning - Bogor_
Bagaimana menghilangkan kecemasan atau trauma dari masa lalu..pada diri kita dan anak2?

🔹 _Rofikoh-Ajibarang_
Apakah anak yg nakal, rewel, atau tidak mematuhi orang tuanya ada hubungannya dengan tazkiyatun nafs kedua orang tuanya?
Terimakasih.

ust. Aad:
```2⃣ Masa lalu, baik positif maupun negatif, adalah warisan terbaik yang Allah berikan pada kita. Kata kuncinya adalah : bagaimana kita memaknai dan mengambil hikmah dari masa lalu.

Orang yang di masa lalu pernah dididik sangat keras oleh orangtuanya, boleh jadi memang Allah siapkan untuk menghadapi kerasnya kehidupan, atau juga agar mendidik anak-anaknya dengan sedikit keras. Bukankah kebanyakan manusia sukses adalah buah didikan "keras" dari orangtuanya ? Yang penting : ambil yang berguna dan buang yang buruk.

Bagi mereka yang dulunya kaya dan sekarang pas-pasan, seharusnya mereka bersyukur. Karena mereka akan membesarkan anaknya dengan perjuangan dan penderitaan, tapi tetap dengan harga diri seorang kaya.

Betapa banyaknya orangtua yang bingung mendidik anaknya dengan perjuangan dan penderitaan, karena saat ini dia "terlanjur" kaya. Padahal dia sadar bahwa manusia sukses adalah manusia yang dididik dengan perjuangan dan penderitaan.

Saya sendiri justru adalah orang yang sengaja "memiskinkan" diri saat menikah, padalah masa bujangan saya sangat berkecukupan. Itu karena saya sadar bahwa saya dan anak-anak saya harus berjuang untuk menggapai sukses.

Untuk suami yang sering membentak anak, setidaknya ada dua hal yang perlu dilakukan :

Pertama, menyadarkan suami dengan pengalaman masa lalu betapa sakitnya dikasari dan dibentak oleh orangtua, sehingga berjuang untuk mengakhiri "pusaran kekerasan" itu. Mungkin bisa minta bantuan orang lain untuk menyadarkan suami.

Kedua, bunda harus lebih berperan untuk mengobati luka psikis anak akibat bentakan ayahnya. Jika suami sangat keras, maka imbangilah dengan kelembutan yang tinggi. Ingatkan juga pada anak untuk tetap berbaik sangka terhadap sikap keras ayahnya. Dan sadarkan juga pada anak agar "tidak mengulangi sikap keras ayahnya kelak kepada anaknya"

Nah, beberapa kasus perlakuan tidak tepat ayah terhadap anaknya ini juga disebabkan oleh minimnya ilmu parenting seorang ayah. Makanya, doronglah mereka untuk ikut sesi-sesi parenting. Kalau perlu mendirikan Majelis Luqmanul Hakim untuk para ayah.

Tentang inner child para orangtua, sekali lagi mari kita nggak terlalu mempermasalahkan dan menyalahkan masa lalu. yang penting adalah mensikapi masa lalu dengan cara yang lebih positif.

Sedangkan anak yang hidup dengan orangtua inner child-nya kurang bagus, maka percayalah bahwa Allah-pun juga mempersiapkan mental sang anak untuk menghadapi dan mengatasinya.

jangan lupa, sering-seringlah berdoa pada Allah agar Dia menghapus, mengkoreksi dan memperbaiki masa lalu yang negatif. Dan "tutupilah keburukan dengan kebaikan. Niscaya kebaikan itu akan menghapusnya" (hadits)

Anak yang nakal, rewel atau tak patuh memang boleh jadi ada kaitannya dengan kebersihan jiwa kedua orangtuanya. Apalagi jika hampir semua anak berkelakuan sama. Sebagaimana kata Imam Syafi'i :

"Saat aku tak taat pada Allah, jangankan anak-anak dan istriku, bahkan anjingkupun tak taat padaku" ✅```

‬ 3⃣ *TN dengan Parenting*

🔹 _Putri- Purwokerto_
Apakah tazkiyatun nafs diperlukan semua ortu sehingga bisa membantu membangun pondasi yng kuat dalam mendidik anak2, atau hanya untuk yang mempunyai masalah saja? 

🔹 _Lily -Purwokerto_
Sebenarnya modal terbaik dalam parenting apa,ustadz? Sehingga sebagai orangtua kita tetap percaya diri dengan metode pendidikan yang kita terapkan pada anak-anak kita. Karena saat ini hal benar dianggap salah dan sebaliknya 😢Sebenarnya modal terbaik dalam parenting apa,ustadz? Sehingga sebagai orangtua kita tetap percaya diri dengan metode pendidikan yang kita terapkan pada anak-anak kita. Karena saat ini hal benar dianggap salah dan sebaliknya.

ust. Aad:
```3⃣ Tazkiyatun Nafs adalah kebutuhan kita semua, karena setiap kita jiwanya pasti akan kotor kembali walaupun telah berkali-kali dibersihkan. Lagipula, Allah mencintai hambaNya yang membersihkan dirinya, dan tak menyukai hambaNya yang bersih (Hadits Qudsi)

Modal terbaik dalam parenting adalah fitrah keayahbundaan yang telah Allah ilhamkan ke dalam jiwa kita. masa lalu kita juga modal parenting yang baik. cara-cara kedua orangtua kita dalam mendidik kita juga modal parenting yang baik. watak dan kepribadian kita juga modal parenting yang baik.

jadi, salah satu prinsip dari parenting agar modal kita kaya adalah : berdamailah dengan diri, masa lalu, pola asuh orangtua dulu dan dengan anak-anak kita. Syukurilah semuanya sebagai takdir dan hadiah dari Allah. Lalu manfaatkanlah segala asset itu secara bijak untuk mendidik anak-anak kita. jangan lupa untuk senantiasa meminta bimbingan Allah ✅```
4⃣ *Mengendalikan Emosi*

🔹 _Ulfahzulaikha-Sukoharjo_
Bagaimana ya ustadz agar tidak mudah emosi  dan bentak anak?

🔹 _Elsa- jambi_
Bagaimana cara mengendalikan emosi yang datang tiba2?
Soalnya,,sekarang ini,,jika saya sudah meledak marahnya,,anak 1 yg umur 3y9m sudah berani memukul saya dengan geramnya?
Ustadz Aad
```4. Kesibukan seorang ibu yang tidak ada habis-habisnya, rutinitas dalam mendidik anak dan mengasuh rumah tangga yang membosankan  serta kenakalan-kenakalan anak yang membuat naik pitam, itu memang mudah membuat seorang ibu kehilangan kesabaran, membuat emosinya mudah meledak, lalu marah-marah.

Oleh karena itu, dalam pendidikan anak seorang ibu harus didampingi oleh seorang ayah. Permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh ibu dalam berhadapan dengan anaknya, sebaiknya dikonsultasikan dan dilaporkan kepada ayah. Biarlah Ayah yang mengatasi permasalahan tersebut.

Bagaimanapun, seorang ayah yang tidak setiap saat berurusan dengan permasalahan anak  lebih mampu mengendalikan emosinya, lebih jernih dalam melihat permasalahan, dan lebih bijak dalam mengatasi masalah masalah anaknya.

Itulah sebabnya kenapa dalam pendidikan anak peran ayah begitu penting, termasuk untuk mengatasi persoalan-persoalan yang mudah meledakkan emosi.
5⃣ *Perbedaan Pola Asuh Suami Istri*

_Dewi - Purwokerto_
Jika ada orang tua yg pola asuh keduanya(antara suami dan istri) bersebrangan dimana istri agamis sedangkan suami cenderung hedonis dan memanjakan dengan materi bagaimana solusinya.

_Lily - Purwokerto_
Ustadz,jika di luar Negri sudah jadi pemandangan yang jamak,ayah-ayah mendorong stroller bayi pergi belanja ke supermarket tanpa didampingi istrinya,tapi disini pemandangan yang terjadi sebaliknya,seolah hanya ibu yang pontang panting mengurus anak. Kalaupun ada,maka orang akan menatap heran (pengalaman pribadi,hehee). Ini bagaimana menurut ustadz? Bukankah peran ayah justru jadi motor utama dalam sistem pendidikan anak? Atau sebenarnya bagaimana Islam menaruh perhatian akan hal ini?
Ustadz Aad
```Rumah itu bagaikan sebuah sekolah. Maka dalam sebuah rumah harus ada Kepala Sekolahnya dan harus ada gurunya

Kepala Sekolahnya adalah ayah, sedangkan gurunya adalah Bunda. Ayah lah yang menetapkan Visi, misi dan strategi pendidikan, sedangkan Bunda adalah pelaksana harian yang secara teknis lebih paham bagaimana mendidik anaknya

Oleh karena itu, supaya tidak terjadi benturan arah, teknik dan metodologi pendidikan anak, Ayah harus memainkan peran sebagai penanggung jawab pendidikan. Tentunya dalam hal ini ibu juga harus banyak memberikan masukan-masukan. Apalagi jika secara nilai ibunya yang lebih Islami sementara ayahnya lebih hedonis. Sehingga dalam hal ini ayah menetapkan kebijakan tapi nilai-nilainya harus mendapatkan masukan dari ibu.

Kemudian yang kedua, sebenarnya dalam ajaran islam peran ayah dalam mendidik anak itu lebih utama dan lebih dominan. Kalau kita datang ke negeri-negeri muslim di Timur Tengah, kita justru akan melihat di mall-mall itu yang membawa troli itu adalah ayah. Di pasar pasar yang akan kita lihat kebanyakan adalah laki-laki bukan perempuan. Karena pada dasarnya tanggung jawab non domestik ada di tanam para ayah

Namun demikian dalam budaya patriarki seperti di Indonesia, hal ini memang dipandang janggal. Oleh karena itu mari kita dorong para ayah untuk lebih banyak belajar tentang prinsip-prinsip pendidikan anak agar mereka sadar bahwa peran mereka begitu penting dalam pendidikan anak

Ayah juga perlu lebih didorong untuk memahami ajaran ajaran Islam dalam berumah tangga. Kalau mereka belajar tentang ajaran Islam di rumah tangga, mungkin mereka akan terkejut bahwa di zaman Rasulullah dan para sahabat ra itu yang memasak, mencuci dan sebagainya justru diperankan oleh seorang ayah.
6⃣ *Ragam Pengasuhan*

🔹 _Dewi-Purwokerto_
Bila kita melihat di depan mata ada seorang anak sedang d marahi orang tuanya sampe dipukuli bagaima kita harus bersikap agar si anak tak merasa d bela lalu jadi tidak sopan pada orang tuanya dan orang tuanya juga tidak merasa tersinggung atau dipermalukan.

🔹 _Tika, purwokerto_
apakah mendekatkan (boleh memegang, membuka) anak dengan Al Quran diusia batita bsa mnjadi salah satu upaya utk menjadikan pondasi dalam mendidik anak?
karena saat ini anak saya 3th sudah hapal beberapa surah walau tidak sempurna, namun karena akal yg msh belum sempurna ia belum bisa memperlakukan Al Quran yang khusus saya berikan untuknya sebagaimana mestinya, misal kadang terinjak, terjatuh, sobek dsb meskipun sudah saya sounding bagaimana memperlakukan Al Quran.
Apabila dilarang ia pasti akan merengek mencari dmna Al Quran miliknya, tp jika diperbolehkan saya kadang takut dosa ustad krn perlakuannnya thd Al Quran tsb, secara niat saya ingin ia butuh terhadap Al Quran..
mohon pencerahan..🙏🏼

🔹 _Nisa pekalongan_
Bagaimana ya membuat anak konsentrasi.. misal hari ini dia ada project bikin kue kering dia sendiri yang minta..nah,waktu hari H nya dia berhenti ditengah jalan..ada saja alasan nya,kadang mengalihkan perhatian.. ahirnya ga selesai project nya.. bagaimana mensiasatinya ya?

🔹 _Ririn-Ambon_
Kekhawatiran saat anak tidak menjalankan kesepakatan yang telah di buat bersama. Khawatir mereka tidak mau menurut sama saya dan mereka berbuat sesuai kehendak mereka saja pdhl mereka msh anak-anak yang belum bisa cenderung berfikir dl dlm bertindak tp lebih mengedepankan tuk kesenangan aja.
Bagaimana mengatasi kejadian seperti ini?

🔹 _Desy Dari Batam._
Anak saya usia 23bln. Tp komunikasi sudah lancar. Sudah paham larangan. Dlu wkt usia dibawah 23bln. Setiap dilarang selalu nurut. Tp smakin besar koq semakin (seolah2) tdk mendengar. Jika minta sesuatu sudah bisa merengek dan ngamuk jk tdk dituruti. Saya diamkan saja. Tak menuruti permintaannya. Tp dlm hati kesal wlo sudah dijelaskan dg lembut tetap menangis. Bahkan skrg sudah bs meledek. Tidak boleh injak buku. Klo injak buku saya hukum masuk kamar sendiri dan sy dluar. Atau sy berdirikan diujung dinding sambil menghadap dinding. Ini dy menangis jerit2. Tp ttp sy laksanakan hukuman. Kemudian besoknya dy seolah2 menguji "sengaja menginjak buku" atau sengaja tdk mendengar perintah seperti pakai sepatu, makan dll. Apakah tepat saya menghukum anak saya berdiri menghadap tembok atau masuk kamar sendirian dlm usianya sperti itu. Bagaimana membuat dia mendengar dan patuh atas larangan yg diberikan ? Terimakasi ustdz.
Ustadz Aad
```6. Untuk bunda Dewi di Purwokerto, jika kita menyaksikan ada orang tua yang memperlakukan anaknya secara tidak patut, sebaiknya kita tidak melakukan intervensi secara langsung. Namun demikian, kita bisa mengajak ngobrol kepada orang tuanya dalam situasi santai, dalam waktu yang nyaman di tempat tertentu

Kecuali jika perlakuan orang tua terhadap anaknya itu sifatnya telah masuk kategori kriminal, misalnya menyiksa, memukul dengan kasar  apalagi anaknya masih sangat belia. Maka pada saat itu kita memang berhak untuk mencegahnya, bahkan melaporkannya ke pihak yang berwajib.

Namun jika tindakan tak pantas orang tua tersebut tidak sampai pada menciderai jiwa dan kehormatan anak, maka sebaiknya kita memberikan nasehat pada waktu yang tepat.

Bunda Tika di Purwokerto, pada dasarnya mendekatkan anak dengan Alquran adalah sebuah perbuatan yang baik dan sebuah pendidikan yang baik. walaupun Alquran yang dimaksud tidak harus berupa sebuah mushaf. Toh sekarang ini Alqur'an bisa kita temukan di laptop, bisa kita temukan di gadget dan sebagainya. Sehingga kehawatiran yang tadi ibu bayangkan itu bisa dihindarkan.

Namun demikian jika kita memang harus mendekatkan anak-anak dengan Mushaf Al Quran, tentunya jika dia masih terlalu kecil ada resiko dimana Alquran itu bisa rusak.

Nah pada situasi semacam ini tentunya yang harus kita hindari adalah jangan sampai Alquran itu ada yang robek, karena merusak keutuhannya.

Dan di sisi lain saya juga ingin menyampaikan : walaupun kita sangat ingin mendekatkan anak dengan Al Quran sedini mungkin, tapi sekali lagi pembelajaran pembelajaran yang bersifat Syariah itu sebaiknya kita perkenalkan pada saat anak telah berusia mumayyiz, alias 7 tahun. Karena pada saat itu kita lebih mudah memperkenalkan kepada anak mana yang baik dan buruk, mana yang boleh dan tidak

Bunda Nisa di Pekalongan, tentang pendidikan konsentrasi, itu sangat tergantung dari anak itu telah berusia berapa

Jika usianya masih dibawah 5 tahun, tentunya kita tidak bisa berharap anak itu dapat berkonsentrasi dalam waktu lama. Karena memang fokus, minat, hasratnya pada saat itu masih berubah-ubah

Oleh karena itu  jika usia anak kita masih dibawah 7 tahun, janganlah kita memaksakannya untuk melakukan suatu pekerjaan atau project dimana membutuhkan konsentrasi anak dalam rentang waktu yang panjang.

Sebenarnya pendidikan berbasis project baru cocok pada saat anak telah berusia 10 tahun atau duduk di kelas 4. Karena pada saat itu fokus  konsentrasi, daya tahan dan minatnya sudah relatif lebih stabil

Bunda Ririn dari Ambon, sekali lagi itu sangat tergantung dari anaknya telah berusia berapa.

Membangun kesepakatan baru cocok pada anak-anak yang telah berusia 10 tahun keatas. Karena anak pada usia 10 tahun sudah kita ajarkan tanggung jawab sosial, kontrak sosial dan kesepakatan sosial.

Namun jika kesepakatan kesepakatan tersebut telah kita upayakan pada anak dibawah 10 tahun, apalagi pada anak dibawah 7 tahun, adalah sangat wajar kalau kemudian mereka akan cenderung melanggar kesepakatan-kesepakatan tersebut

Permasalahan terbesarnya Sebenarnya bukan pada anak, tapi kepada kita yang terlalu cepat dalam membangun kesepakatan dan kontrak sosial.

Pada anak yang berusia 7 sampai 10 tahun fokuskan dulu sajalah pada tanggung jawab pribadinya, seperti meletakkan tas, menyimpan buku, merapikan pakaian dan sebagainya.

untuk bunda Desy dari Batam, kok saya melihatnya terlalu cepat ya anak usia 23 bulan sudah dihadapkan dengan instruksi dan larangan

Memang pada awalnya dia akan patuh dan menurut. Tetapi ketika dia mulai memasuki usia 2 tahun, dia akan cenderung melanggar dan melawannya. Karena dalam dunia psikologi usia 2 tahun disebut sebagai fase negativistik, yaitu fase untuk membantah  melanggar dan melawan instruksi

Fase negativistik itu terjadi karena sejak umur 2 tahun anak telah memiliki konsep diri. Dia telah memiliki pemahaman tentang Aku, ingin menunjukkan kepada orang dewasa bahwa dia sudah punya kehendak sendiri. Fase negativistik ini pada dasarnya baru akan berkurang saat anak memasuki usia 6 atau 7 tahun.✅

Tomyam

RESEPI TOMYAM PUTIH! SEDAP DAN MUDAH!

Resepi tomyam kali ketiga dari vov ni berbeza lagi, kali ni tomyam putih! Nampak cair tp sedap! Try la.. Share cpt!!

BAHAN-BAHAN:

Isi:
10 ekor udang
10gm sotong
10gm isi ikan
10gm isi kupang
20gm ketam
*Boleh juga tukar dengan ayam

1 ulas bawang merah | dihiris halus
2sm lengkuas | dihiris halus
2 tangkai cili padi | diketuk
1 batang serai | diketuk
2 helai daun limau purut
1 biji tomato | dipotong wedges
5 helai daun selasih
2 sudu teh air limau nipis
1 sudu teh sos ikan
1 sudu teh stok ayam
1 sudu teh gula
300ml air
Garam secukup rasa

CARA MEMASAK:
1. Di dalam periuk, masukkan air bersama bawang merah, daun limau, cili padi, serai, lengkuas, daun selasih, air limau nipis, sos ikan dan stok ayam.
2. Masak sehingga mendidih.
3. Setelah itu, masukkan udang, sotong, isi ikan, kupang dan ketam.
4. Biarkan beberapa minit hingga masak. Perasakan dengan garam dan gula secukup rasa.
5. Hidangkan dan sedia dinikmati.

*Share dan tag kawan2, like/follow page Makan sedap

📸Berminat viralkan perniagaan anda? PM admin🌹